h1

Introduction to C++

October 5, 2009

Pengertian C++

C++ adalah sebuah bahasa pemrograman yang memiliki banyak dialek, seperti bahasa orang yang banyak memiliki dialek. Dalam C++, dialek bukan disebabkan oleh karena si pembicara berasal dari Jepang atau Indonesia, melainkan karena bahasa ini memiliki beberapa kompiler yang berbeda. Ada empat kompiler umum yaitu : C++ Borland, C++ Microsoft Visual, C/386 Watcom, dan DJGPP. Anda dapat mendownload DJGPP atau mungkin saja anda telah memiliki kompiler lain.

Setiap kompiler ini agak berbeda. Setiap kompiler akan dapat menjalankan fungsi fungsi standar C++ ANSI/ISO, tetapi masing masing kompiler juga akan dapat menjalankan fungsi fungsi nonstandard (fungsi fungsi ini, agak mirip dengan ucapan yang tidak standar yang diucapkan orang diberbagai pelosok negeri. Sebagai contoh, di New Orleans kata median disebut neutral ground). Kadang kadang pemakaian fungsi nonstandard akan menimbulkan masalah pada saat anda hendak mengkompilasi kode sumber data (source code) (yaitu program berbahasa C++ yang ditulis oleh seorang programer) mempergunakan kompiler yang berbeda.

Untuk kompiler C++ berbasis DOS, akan memerlukan beberapa kata kunci (keywords); keyword sendiri tidak cukup untuk difungsikan sebagai input dan output. Walau hampir semua fungsi dalam file library tampaknya bias diakses oleh header filenya

C++ bukan bahasa baru di lingkungan programmer komputer, bahkan merupakan bahasa yang paling banyak digunakan oleh programmer. Jika anda ingin belajar bahasa pemrograman alangkah baiknya Anda mulai dari Bahasa C, karena dari bahasa inilah banyak bahasa pemrograman dikembangkan, seperti PHP, PERL, Java. bahasa-bahasa ini yang populer saat ini. setidaknya jika bahasa-bahasa itu bukan pengembangan dari bahasa C, tetapi struktur dan fungsi-fungsi dasarnya ada kemiripan.

C++ sendiri artinya C=C+1, maksud dari rumusan ini adalah bahwa C++ merupakan bahasa kelanjutan dari Bahasa C. C++ sendiri berkembang dari versi lama (klasik) sampai sekarang versi modern. Perbedaan yang nyata dari versi ini adalah pada pemanggilan file header dan panggunaan namespace. Jika pada C++ klasik pemanggilan file header dengan menyertakan ekstensi dari file tersebut misal:
#include
Tetapi untuk versi modern cukup dengan #include

Pada C++ ada beberapa direktif yang harus dikenali, direktif ini di deklrasikan degan menggunakan tanda #. Berikut direktif pada C++:
* #define
* #elif
* #else
* #endif
* #error
* #if
* #ifdef
* #ifndef
* #include
* #line
* #pragma
* #undef

Struktur Program C++.
Seperti bahasa pemrograman lainya C++ memiliki struktur program standar yang harus diikuti, struktur programnya sebagai berikut:

#include (file-header)
using namespace std; (memanggil namespace std sbg contoh);
int main()
{
//statemen
//statemen
return 0;
}

bentuk di atas adalah bentuk struktur program standar C++ tanpa mendefiniskan Variabel, konstanta, Fungsi, Class, template.

Contoh program sederhana menuliskan “Hallo” Di layar monitor:

#include
using namespace std;
int main()
{
cout<< “Hello”<< endl;
return 0;
}

Komentar Program
Komentar atau keterangan program adalah baris yang akan dilewat oleh compiler, baris ini sebenarnya tidak berpengarus pada program, tapi dengan adanya komentar atau keterangan ini program akan mudah di mengerti dan lebih mudah di cari kesalahan jika ternya ada kesalahan dalam logika pemrograman.

untuk menuliskan komentar di gunakan tanda // untuk komentar yang hanya 1 (satu) baris sendangkan untuk multi baris digunakan tanda /* dan ditutup dengan */

Compile program

Compiler C++ yang ada sekarang ini tidak sedikit, akan tetapi pada artikel ini saya akan memperkenalkan compiler C++ pada linux yaitu g++ dan complier pada console windows yang diinstall bersamaan dengan Microsoft Visual C++.

berikut langkah-langkan mengkompile dengan menggunakan g++:
simpan script diatas dengan nama hello.cpp
jalankan linux console, dan arahkan ke direktori tempat anda menyimpan file tersebut misalnya di /home/rajha/c++, lau ketikan perintah berikut:
(ingat [shell] tidak perlu diketikan)

[shell] g++ hello.cpp -o hello (enter)

jika tidak ada kesalahan maka hasil kompile akan membuat file hello, jalankan file tersebut dengan cara

[shell] ./hello (titik garis miring)

sedangkan pada windows nama compiler untuk C++ adalah cl, jika anda menginstall Visual C++, maka di start-menu anda akan ada menu :
Visual C++ 2005 Express Edition->Visual Studio Tools->Visual Studio 2005 Command Prompt.Dengan perintah command prompt biasa arahkan ke di direktori kerja Anda, kemudian dengan menggunakan notepad atu editor lainya salin script di atas dan simpan dengan nama “hello.cpp” (jangan lupa menyimpannya di tempat direktori kerja Anda)

kembali lagi ke command prompt:

untuk mengkompile gunakan perintah:

D:\data\c++> cl hello.cpp

jika script tadi benar, maka akan ada file hello.exe

jalankan file tersebut dengan mengetikan hello

3 comments

  1. coba mas tolong dijelaskan cara penggunaan tools VS C++ 2008,saya udah coba kayaknya beda sama Borland C++ Builder 6 error terus sih soalnya


    • mungkin ngga compitabel ama runtime nya,, kalo mau coba vcexpress 2006 gpp?


  2. Saya sudah bisa install C++ Builder 5 di Vista dan Windows 7

    semoga tips ini bisa membantu Mas dan lainnya juga mohon disebarluaskan….

    http://topi-hitam.blogspot.com/2009/11/install-borland-c-builder-5-di-vista.html



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: